1.
Berziarah ke makam para pahlawan yang terlibat dalam peristiwa proklamasi
kemerdekaan Indonesia serta mendoakan mereka.
2.
Melakukan upacara peringatan kemerdekaan dengan penuh hikmah.
3.
Mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Sebagai pelajar, kita harus dapat
mengisi kemerdekaan dengan balajar tekun supaya kelak bisa menjadi generasi
penerus yang cerdas, terampil, dan berguna bagi bangsa dan negara.
Tokoh-tokoh
yang dimaksud adalah sebagai berikut:
No.
|
Nama
Tokoh
|
Peran
|
1.
|
Chaerul
Saleh.
|
Pimpinan
rapat pemuda di Pegangsaan Timur.
|
2
|
Darwis
dan Wikana.
|
Merupakan
utusan untuk menyampaikan keputusan rapat pemuda kepada Soekarno-Hatta.
|
3.
|
Singgih,
Sukarni, dan Yusuf Kunto.
|
Membawa
Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok.
|
4.
|
Shudancho
Subeno.
|
Komandan
kompi tentara Peta di Rengasdengklok.
|
5.
|
Ahmda
Subardjo.
|
Tokoh
golongan tua yang menjemput Soekarno-Hatta untuk kembali ke Jakarta.
|
6.
|
Laksamana
Maeda.
|
Angkatan
laut Jepang yang bersimpati terhadap perjuangan bangsa Indonesia. Ia
menyediakan tempat perumusan teks proklamasi.
|
7.
|
Soekarno,
Moh. Hatta, dan Ahmad Subardjo.
|
Perumusan
naskah proklamasi.
|
8.
|
Sukarni,
Sayuti Melik, B.M. Diah, dan Sudiro.
|
Tokoh
pemuda yang menyaksikan perumusan teks proklamasi.
|
9.
|
Sayoeti Melik.
|
Pengetik naskah
proklamasi.
|
10.
|
Sukarni.
|
Pengusul
yang menandatangani teks Proklamasi Soekarno-Hatta atas nama bangsa
Indonesia.
|
11.
|
Ibu
Fatmawati.
|
Pembuat
bendera Merah Putih yang dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945.
|
12.
|
Suhud
dan Latif Hendradiningrat.
|
Pengibar
bendera Merah Putih.
|
13.
|
Soekarno-Hatta.
|
Proklamator
Kemerdekaan Republik Indonesia.
|
No comments:
Post a Comment