Thursday, November 1, 2012

Biodata Seismosaurus, Dinosaurus Terpanjang


Seismosaurus, Dinosaurus Terpanjang


Seismosaurus diduga sebagai dinosaurus terpanjang yang pernah ditemukan, panjangnya mencapai 45 meter dan tingginya 13 meter. Seismosaurus adalah sejenis dinosaurus sauropoda (dinosaurus berleher panjang) dari genus Diplodocus. Dinosaurus ini hidup di Amerika Selatan dan Asia Timur pada periode Jurassic akhir, sekitar 155.000.000 tahun sebelum Masehi. Panjangnya mencapai 45 meter dengan tinggi 13 meter.  Herbivora ini memiliki leher dan ekor yang panjang tapi kakinya pendek.
Lebih lengkap tentang DIPDOCULUS:
Dinosaurus ini bernama Diplodocus. Jaman hidup dinosaurus ini adalah pada saat zaman jurassic.
Makanan:
Tumbuhan (Sauropodomorpha). Diplodocus memakan daun konifer, pakis, lumut, dan tanaman rawa. Makanannya tidak dikunyah melainkan langsung ditelan. Diplodocus suka menelan batu untuk menhancurkan daun di dalam perutnya. Diplodocus dapat mati jika tidak makan secara terus menerus.
Penemu dipdoculus:
Samuel Williston dan Otinel Marsh dan pada tahun 1887. Diplodocus banyak ditemukan di Rocky mountain, Utah, Wyoming, dan Colorado Amerika.


Cara berkembangbiak:
Bertelur. Telur diletakan sembarangan saat Diplodocus berjalan-jalan.
Panjang badan:
Panjang ekor 8m. Panjang leher 14m. Diplodocus dijuluki sebagai dinosaurus terpanjang.ekornya yang panjang berguna saat menyabet musuhnya dan sabetannya sangat mematikan.


Berat Badan:
11 Ton. Dengan berat segitu, Diplodocus dikatakan sebagai dinosaurus yang cukup ringan. Kakinya mirip seperti dengan kaki gajah sehingga sama seperti pilar yang kuat yang menopang tubuh Diplodocus. Jika marah, ia akan berdiri dengan kedua kekinya dan pastinya sangat menyeramkan.
Wajahnya:
Kepala Diplodocus sangat kecil dibandingkan dengan badannya. Hanya sepanjang 60cm. Mata terletak di belakang kepala sehingga diplodocus dapat melihat ke segala arah moncongnya pendek dengan gigi-gigi kecil yang mirip dengan pensil. Gigi-gigi tersebut berkumpul rapat di dekat moncong. Otak diplodocus kecil, sehingga diplodocus dikatakan dinosaurus yang bodoh.

No comments: